Nadiem Ibaratkan Sekolah Penggerak Seperti Tim Olahraga -->
Cari Berita

Advertisement

Nadiem Ibaratkan Sekolah Penggerak Seperti Tim Olahraga

Profesi Guru
Jumat, 05 Februari 2021

Mendikbud Ibaratkan Sekolah Penggerak Seperti Tim Olahraga
Nadiem Makarim meluncurkan kebijakan merdeka belajar episode ke tujuh


Profesiguru.org - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim meluncurkan kebijakan merdeka belajar episode ke tujuh, Program Sekolah Penggerak. Program ini, kata Nadiem, mengibaratkan sekolah sebagai sebuah tim olahraga.


Sekolah Penggerak ini menjadikan pendidikan itu adalah tim base sport. Di mana guru-gurunya bekerja sama dengan kepala sekolah sebagai sebagai coach (pelatih) nya,” kata Nadiem dalam konferensi pers Merdeka Belajar Episode 7, Senin, 1 Februari 2021.


Dia ingin guru berperan sebagai pemain dalam satu tim yang melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang diberikan kepada siswa. Guru-guru di minta berkoodinasi dan berkolaborasi sebagai tim.


“Semua akhirnya bisa menemukan inovasi-inovasi dan selalu mengetes apakah ini berhasil kepada murid kita di dalam kelas. Mengetes dengan berbagai macam survei dan dengan proses yang kolaboratif. Jadi refleksi diri jadi yang sangat kuat dalam program ini,” terangnya.


Selain itu tingkatan kolaborasi tidak hanya terjadi di sekolah. Nadiem mengatakan kolaborasi ini juga akan melibatkan pemerintah pusat dan daerah.

 

“Jadi ini kolaborasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah ini menjadi salah satu kunci utama,” terang Nadiem.

 

Nadiem berharap, intervensi yang lahir bukan lagi sekadar kurikulum atau kelas, atau pelatihan guru. Namun, hingga pembentukan kualitas satu sekolah yang holistik atau menyeluruh.

 

“Jadi ada pada SDM-nya, proses pembelajaran, perencanaan belajar, penggunaan teknologi dan juga pendampingan pemerintah daerah. Jadi benar-benar semua semua variabel ini dikeroyok untuk melakukan transformasi budaya sekolah,” tuturnya.


Sumber : https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/GNlq9Q2b-nadiem-ibaratkan-sekolah-penggerak-seperti-tim-olahraga?p=all