13 Model Pengaturan Meja Kelas yang Layak dicoba di Sekolah
Cari Berita

Advertisement

13 Model Pengaturan Meja Kelas yang Layak dicoba di Sekolah

Profesi Guru
Selasa, 16 Juli 2019

Model Pengaturan Meja Kelas yang Layak dicoba di Sekolah
pengaturan model ruang kelas

13 Pengaturan Meja Kelas yang Layak dicoba di Sekolah


Begitu banyak faktor masuk ke bagian yang tampaknya sederhana dari sebuah Ruang Kelas. Kelompok Anak-anak selama bertahun-tahun (termasuk kepribadian, perilaku, dan tingkah laku mereka), jumlah Bahan Pembelajaran yang perlu disiapkan dan disimpan, berapa banyak anak didik yang dimiliki, perabot apa yang ada di dalam Kelas dan banyak lagi. berikut 13 Model Pengaturan Meja Kelas yang Layak dicoba di Sekolah

Pengaturan Meja penting dalam Mengatur dan Mengelola kelas. Dimana dalam Mengatur Meja sangat mempengaruhi:
  1. Perilaku Siswa
  2. Belajar Siswa
  3. Mood dan Suasana Ruangan
  4. Kegiatan PIG (mitra, individu, grup)
  5. Transisi
  6. SANITY

Untuk itu, dikutip dari create-abilities.com Model Pengaturan Meja yang berbeda-beda dapat diterapkan di Ruang Kelas. Silahkan pilih salah satu yang sesuai dengan gaya kita mengajar, kebutuhan kita, dan kepribadian seorang guru didalam kelas.


1. Pengaturan Meja Model Double E

Pengaturan Meja Model Double E
Model Double E

Ini adalah pengaturan yang paling baik digunakan. Kita bisa berjalan di antara setiap baris dan pemperhatikan Anak didik kita. Model Pengaturan Meja ini mudah untuk kerja kelompok. Namun, ketika jumlah siswa lebih dari 32 siswa, pengaturan ini hampir tidak mungkin dilaksanakan dikarenakan terbatasnya ruangan.


2. Pengaturan Meja Model The Double Horseshoe (Kuda Ganda)

Pengaturan Meja Model The Double Horseshoe
Model The Double Horseshoe

Ini adalah Pengaturan Meja model lain yang sangat baik. Kita bisa dengan mudah mengakses setiap meja dan bergerak di antara baris.


3. Pengaturan Meja Model The Modified Double Horseshoe (Tapal Kuda Ganda Yang Dimodifikasi)

Pengaturan Meja Model The Modified Double Horseshoe
Model The Modified Double Horseshoe

Pengaturan ini untuk aliran dan pergerakan. Jika kita tidak memiliki jumlah siswa yang banyak di Kelas, ini adalah pilihan yang baik untuk diterapkan.


4. Pengaturan Meja Model Pairs (Pasangan)

Pengaturan Meja Model Pairs
Model Pairs

Pengaturan Meja model ini berfungsi dengan baik untuk pekerjaan mitra. Bisa juga digunakan dalam melakukan pekerjaan berkelompok tiga dan memotong salah satu baris.


5. Pengaturan Meja Model Rows (Baris)

Pengaturan Meja Model Rows
Model Rows

Variasi dalam pengaturan pasangan ini bekerja dengan baik untuk ukuran kelas yang lebih besar. Para siswa juga memiliki lebih banyak pilihan dalam bekerja dengan pasangan atau kelompok kecilnya.


6. Pengaturan Meja Model Rows 2 (2 Baris)

Pengaturan Meja Model Rows 2
Model Rows 2

Pengaturan ini sudah klasik tapi bagus. Setiap anak dapat melihat papan dari pengaturan ini. Kita juga memiliki pilihan untuk menempatkan hanya dua siswa bersama di belakang.

Pengaturan ini membantu siswa tertentu yang hanya bisa duduki oleh anak-anak tertentu atau membantu siswa yang bisa kewalahan duduk oleh banyak anak-anak lain. Kita juga menawarkan lebih banyak dukungan kepada kelompok dua jika diperlukan.


7. Pengaturan Meja Model Stadium Seating (Tempat Duduk Model Stadium)

Pengaturan Meja Model Stadium Seating
Model Stadium Seating

Pengaturan Meja Model ini sangat disukai karena semua orang dapat melihat papan tulis. Ini juga memungkinkan ruang yang cukup bagi siswa untuk mencapai meja mereka dari sisi mana pun.


8. Pengaturan Meja Model Rows and Lines (Baris dan Garis)

Pengaturan Meja Model Rows and Lines
Model Rows and Lines

Pengaturan ini adalah cara yang menyenangkan untuk memposisikan siswa. Ini berfungsi baik untuk kerja kelompok maupun mitra atau tim. Kelemahannya adalah beberapa siswa kita mungkin mengalami kesulitan melihat papan dari baris vertikal di dekat bagian belakang.


9. Pengaturan Meja Model Many "U's" (Model banyak "U")

Pengaturan Meja Model Many "U's"
Model Many "U's"

Pengaturan ini merupakan salah satu pengaturan yang baik jika kita memiliki Ruang kelas luas. Kita mengizinkan semua siswa untuk melihat papan dan sangat bagus untuk kerja kelompok atau tim. Ini juga membebaskan lebih banyak ruang lantai di sekitar ruang kelas.


10. Pengaturan Meja Model Groups of 6 (Model 6 Orang/Group)

Pengaturan Meja Model Groups of 6
Model Groups of 6

Pengaturan ini adalah pengaturan alternatif yang layak dicoba dan diterapkan dikelas. Ini bekerja dengan baik untuk kerja kelompok atau tim. Ini juga membantu menghemat ruang jika Anda tidak memiliki ruang kelas yang besar.


11. Pengaturan Meja Model Groups of 8 (Model 8 Orang/Group)

Pengaturan Meja Model Groups of 8
Model Groups of 8

Kita pasti sangat menyukai Pengaturan Meja seperti ini, karena berfungsi dengan baik jika kita tidak memiliki ruangan besar. Kita masih dapat berjalan-jalan dan mengakses meja masing-masing siswa dengan mudah dan itu membuat kelompok atau tim bekerja dengan mudah untuk dikelola.


12. Pengaturan Meja Model Groups of 9 (Model 9 Orang/Group)

Pengaturan Meja Model Groups of 9
Model Groups of 9

Pengaturan ini adalah model yang bagus untuk memasukkan banyak meja di area kecil. Siswa dengan mudah berjalan berkeliling ke mejanya masing-masing.


13. Pengaturan Meja Model Groups of 12 (Model 12 Orang/Group)

Pengaturan Meja Model Groups of 12
Model Groups of 12

Sama dengan pengaturan nomor 12 yaitu model yang bagus untuk memasukkan banyak meja di area kecil. Siswa dengan mudah berjalan berkeliling ke mejanya masing-masing.


Artikel ini berjudul 13 Pengaturan Meja Kelas yang Layak dicoba di Sekolah


Demikianlah yang dapat kami sampaikan tentang Pengaturan Meja untuk siswa belajar di kelas, semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Terimakasih telah membaca sampai selesai 13 Pengaturan Meja Kelas yang Layak dicoba di Sekolah dengan link https://www.profesiguru.org/2019/07/pengaturan-meja-kelas-yang-layak-untuk-belajar.html