3 CARA EFEKTIF MENASEHATI ANAK TANPA MARAH DAN MEMBENTAK -->
Cari Berita

Advertisement

3 CARA EFEKTIF MENASEHATI ANAK TANPA MARAH DAN MEMBENTAK

Profesi Guru
Jumat, 07 Februari 2020

3 CARA EFEKTIF MENASEHATI ANAK TANPA MARAH DAN MEMBENTAK
Menasehati Anak


3 CARA EFEKTIF MENASEHATI ANAK TANPA MARAH DAN MEMBENTAK


Profesi Guru - Mendidik dan Membesarkan Anak merupakan Tanggung Jawab Orang Tua, sering kali Orang Tua dalam menasehati anak yang berbuat kesalahan selalu dalam keadaan marah dan membentak dengan suara yang kasar. berikut 3 Cara Efektif Menasehati Anak Tanpa Marah dan Membentak.

Ada beberapa pertanyaan yang selalu terlintas dihati orang tua, Mengapa Anak Mudah Sekali Mengamuk? Mengapa anak-anak mudah sekali ngamuk dan emosi padahal mereka masih kecil? Apakah benar menasihati mereka dengan bentakan membuat mereka semakin memberontak?

Baca Juga;
  1. 5 Tips Agar Anak Cinta Membaca
  2. Tips Sederhana dalam Mendidik Anak yang Baik




Perilaku Anak-anak Sering Dibentak


Anak-anak yang sering dibentak memang akan cenderung lebih reaktif. Mereka akan semakin memberontak dan lebih keras.



Bagaimana Mengatasi Tanpa Emosi?


Jadi orang tua jangan terlalu permisit, jangan bersikap "asal anak senang dan gak nangis". Kebanyakan orang tua terlalu menuruti kemauan sang anak, hingga menimbulkan kebiasaan yang kurang baik, begitu gak diturutin, anak langsung nangis dan ngamuk.



Bagaimana sikap orang tua mengatasi anak yang demikian?


Orang tua yang mendidik dan menasehati anak-anaknya dengan tenang, tanpa amarah atau emosi akan membuat anak-anak juga lebih tenang dan dapat mengontrol emosi mereka karena ia melihat orang tuanya yang tenang.



Bagaimana cara mengasuh anak ketika mereka sedang emosi?


Apakah membiarkan saja atau malah membentak mereka? karena itu bukan solusi yang tepat. Berikut yang harus dilakukan para orang tua dalam mengatasi keadaan tersebut:



1. Tetap Tenang dalam Mengatasi Kemarahan Anak


Meskipun keadaan ini tidak mudah untuk dilakukan, terutama ketika kita merasa terburu-buru, keadaan yang sangat terdesak, atau bahkan saat kita sendiri sebenarnya dalam keadaan sedang marah. Namun, orang tua yang tetap tenang memiliki kesuksesan terbesar dalam mengatasi kemarahan anak.



2. Cobalah dekati dan dengarkan apa yang mereka inginkan


Dengan mendekati anak dan menjadi pendengar yang baik saat mereka bercerita akan membuat mereka merasa dihargai. Itu akan membuat mereka semakin percaya diri dimasa depan.



3. Luangkan untuk mendengarkan keluh kesah dan cerita-ceritanya.


Ketika anak sedang emosi atau marah-marah, maka jangan langsung balik dimarahi. Rayu dan bujuk mereka dengan cara halus dan tenang, kemudian carilah waktu yang tepat untuk menasihati mereka, misal waktu makan, mau tidur atau saat santai.

Baca Selanjutnya:
  1. Tips Mendidik dan Mengajar Anak murid dengan Kasih Sayang
  2. 7 Manfaat Pendidikan Karakter Anak Sekolah



Kesimpulannya Cara Efekti Menasehati anak Tanpa Marah dan Membentak


Mau seperti apapun kondisi kita, hadapilah anak yang sedang ngamuk dan marah dengan tenang. Ajak mereka bicara sebagai sahabat kita dan dengarkan keluh kesah atau keinginan mereka. 

Hargai mereka karena dengan demikian mereka juga akan mendengarkan nasihat kita sebagai orang tua.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang Cara Efektik Menasehati Anak Tanpa Marah dan Membentak, Semoga Bermanfaat. aamiin.