5 Tips Dari Mendikbud Agar Anak Cinta Membaca
Cari Berita

Advertisement

5 Tips Dari Mendikbud Agar Anak Cinta Membaca

Profesi Guru
Rabu, 29 Januari 2020

5 Tips Supaya Anak Cinta Membaca
Cara Agar Anak Cinta Membaca

Tips Agar Anak Cinta Membaca


Profesi Guru - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan untuk menanamkan kecintaan membaca di kalangan generasi muda harus ditanamkan sejak dini dan dimulai dari rumah. Orang tua memegang peranan penting untuk menanamkan kecintaan anak-anak mereka terhadap aktivitas membaca.

Metode Pembelajaran:


Tips Agar Anak Cinta Membaca itu mulainya bukan dari guru, tapi dari orang tua dulu. Setiap hari membacakan kepada anak-anak dan terlihat ada buku-buku di rumah, dan buku-buku yang engaging dengan banyak gambar-gambar yang bisa menanamkan cinta membaca dari awal,” kata Mendikbud Nadiem Makarim dalam diskusi Indonesia Millenial Summit di Gedung The Tribrata Jakarta Selatan, Jumat (17/1/2020).

Supaya Anak Cinta Membaca Buku, Nadiem mengaku kecintaannya terhadap membaca adalah buah dari ibunya yang selalu membacakan buku cerita sebelum tidur. “Dari kecil, dari saya umur dua tahun setiap malam sebelum tidur ibu saya selalu membacakan buku cerita.

Saya belum bisa membaca. Tapi dengan adanya membalikkan halaman, ada suatu hal yang menarik, ada gambar menarik ada konten menarik, secara psikologis itu menanamkan curiosity,” kata Mendikbud.

Agar Anak Cinta Membaca, Buku-buku yang diperkenalkan kepada anak-anak haruslah buku-buku yang sesuai dengan minatnya, dan buku-buku yang menarik.

Tips selanjutnya Agar Anak Cinta Membaca, Kita harus menanyakan kepada anak-anak, kamu ingin membaca apa? Misalnya mau baca komik, cerita detektif, anime, cerita romance, kata pria kelahiran Singapura tersebut. Nadiem berharap perpustakaan-perpustakaan menyediakan lebih banyak buku yang menarik bagi anak-anak.

Nadiem menambahkan Agar Anak Cinta Membaca, orang tua tidak boleh memaksakan anak-anak membaca buku-buku tertentu yang belum tentu seusai dengan minatnya. Hal yang paling penting adalah bagaimana membuat anak-anak jatuh cinta kepada aktivitas membaca. sumber: gtk.kemdikbud.go.id