Kemendikbud Rencanakan Tunjangan Profesi Hanya untuk Guru Berprestasi
Cari Berita

Advertisement

Kemendikbud Rencanakan Tunjangan Profesi Hanya untuk Guru Berprestasi

Profesi Guru
Minggu, 31 Januari 2021

Kemendikbud Rencanakan Tunjangan Profesi Hanya untuk Guru Berprestasi
Ilustrasi guru mengajar di masa pandemi Covid-19 (Dery Ridwansah/JawaPos.com)


Profesiguru.org – Bank Dunia menyebutkan bahwa tunjangan Profesi Guru belum memberikan dampak terhadap peningkatan output kompetensi peserta didik. Padahal, Tunjangan profesi diharapkan mampu memicu semangat guru untuk terus mengembangkan dirinya dalam memberikan pengajaran tervaik kepada para murid.


Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Totok Suprayitno dalam Rapat Kerja bersama Komisi X DPR RI secara daring, Rabu (27/1). Sebab, ia menilai tunjangan belum memberikan dampak positif pada hasil belajar anak didik.


Peningkatan kualitas guru ini akan diutamakan agar Proses Pembelajaran yang efektif dapat terjadi di ruang kelas. Saat ini, kata dia Pembelajaran masih hanya satu arah, itu tentu tidak efektif. ’’(Pendidikan) Indonesia termasuk irit dalam percakapan.


Ini menunjukkan interaksi verbal hubungan argumentasi dialog diskusi Indonesia termasuk rendah dibanding negara lain,’’ jelasnya.


Oleh karena itu, pihaknya berencana untuk memberikan tunjangan hanya kepada guru yang berprestasi. Sebab, tidak adil kepada anak didik yang tak mendapatkan pengajaran yang baik.


’’Untuk merespons bahwa tunjangan tadi belum secara nyata berpengruh pada hasil belajar, maka ke depan kita berharap penghargaan atau tunjangan lebih akan diberikan kepada guru dengan kompetensi yang baik atau performa berkualitas, dikaitkan dengan kinerja,’’ tegasnya. (*)


Sumber: JawaPos.com

https://www.jawapos.com/nasional/pendidikan/27/01/2021/kemendikbud-rencanakan-tunjangan-profesi-hanya-untuk-guru-berprestasi