3 Peran Penting Pengawas Sekolah Di Era Milenial -->
Cari Berita

Advertisement

3 Peran Penting Pengawas Sekolah Di Era Milenial

Profesi Guru
Sabtu, 18 Januari 2020

Tugas Penting Pengawas Sekolah Di Era Milenial
Tugas Pengawas Sekolah

Peran Penting Pengawas Sekolah Di Revolusi Industri 4.0


Kabar Guru - Informasi kali ini mengenai Tugas Penting Pengawas Sekolah dalam melaksanakan tugas pengawasan ke sekolah binaanya.

Pengawas Sekolah memiliki peran sebagai pengawal utama dalam proses peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Tantangan global dan revolusi industri 4.0 menjadi sebuah tembok yang harus dihadapi.

Agus Sukoco selaku ketua Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) mengemukakan bahwa ada tiga peran penting pengawas sekolah dalam kaitannya dengan era milenial.

Peran Pengawas Sekolah Yang pertama adalah sebagai seorang trainer. Dimana pengawas ini diharapkan terus melatih keterampilan sehingga bisa relevan dengan tuntutan perubahan yang nanti akan berguna untuk diterapkan pada pekerjaan mereka.

Seorang pengawas ini harus bisa berperan sebagai seorang trainer. Ini berarti dia harus terus menerus mengasah skill, baik kemampuan dalam menggunakan perangkat lunak sebagai kemajuan di era digital, maupun keterampilan dalam perangkat keras.

Diharapkan mereka ini melatih terus keterampilannya sehingga bisa relevel dengan tuntutan perubahan yang nanti juga akan diterapkan di pekerjaannya di sekolah-sekolah binaan mereka,” ucap Agus ketika ditemui oleh tim majalah HGN di sela-sela coffee break, Kamis (28/11/2019), di Ballroom Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Tantangan Pengawas Sekolah di era digital yang semakin kompleks menjadi pengawas harus juga bisa berperan sebagai seorang coach yang bisa mendampingi baik guru ataupun kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya di sekolah.

Peran Penting Pengawas Sekolah yang kedua adalah menjadi seorang coach. Sehingga Para Pengawas ini bisa melakukan pelatihan membina guru dan kepala sekolah, karena tantangan di era digital ini permasalahannya semakin kompleks.

Maka dibutuhkan seorang pelatih yang bisa mendampingi Administrasi guru dan kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya di kelas maupun di sekolah,” ujar Agus.

Hal terakhir yang merupakan Peran Penting bagi Pengawas Sekolah adalah sebagai mentor. Agus Sukoco mengungkapkan bahwa pengawas sekolah ini berasal dari guru atau kepala sekolah yang berprestasi sehingga pengalaman para guru dan kepala sekolah ini bisa menjadi contoh atau panutan bagi rekan-rekan yang lain.

Tugas Penting Pengawas Sekolah yang terakhir sebagai mentor, seorang pengawas adalah seorang guru atau kepala sekolah yang berprestasi.

Jadi dia mempunyai pengalaman dalam hal baik dalam hal kegiatan belajar mengajar maupun tata kelola sekolah, sehingga sangat diharapkan ketika seorang pengawas menjadi mentor maka dia bisa berbagi pengalaman serta praktik baik yang tentunya akan disesuaikan dengan kondisi perubahan yang ada,” ungkap Agus.

Ia juga mengatakan bahwa simposium ini merupakan kegiatan yang sangat bagus terutama dari tema yang diusung yaitu “Innovative School Leadership to Improve Student Learning and Wellbeing”.

“Simposium ini sudah sangat tepat karena sudah sesuai dengan visi misi APSI itu sendiri yaitu mengembangkan pengawas-pengawas sekolah yang profesional, kreatif dan inovatif.

Dengan adanya simposium internasional ini pula materi-materi yang ada dari para narasumber dapat terus dikembangkan oleh para pengawas agar relevan bisa mengikuti perkembangan-perkembangan yang terjadi, apalagi ini kaitannya dengan kepala sekolah juga,” tutupnya.


Tugas Penting Pengawas Sekolah di Era Milenial


Terimakasih telah membaca sampai sekolah informasi pendidikan tentang 3 Peran Penting Pengawas Sekolah Di Era Milenial, semoga bermanfaat. aamiin.

sumber: gtk.kemdikbud.go.id