Gubernur Jawa Tengah Instruksikan Bupati/Wali Kota Beri Gaji Guru Honorer Setara UMK
Cari Berita

Advertisement

Gubernur Jawa Tengah Instruksikan Bupati/Wali Kota Beri Gaji Guru Honorer Setara UMK

Profesi Guru
Kamis, 28 November 2019

Gubernur Jawa Tengah Instruksikan Bupati/Wali Kota Beri Gaji Guru Honorer Setara UMK
Gubernur Jawa Tengah (foto:kompas.com)

Ganjar Pranowo Instruksikan Bupati/Wali Kota Beri Gaji Guru Honorer Setara UMK


Kabar Guru - Informasi Guru kali ini mengenai Instruksi Ganjar Pranowo ke Bupati/Wali Kota untuk menggaji Guru Honorer setara UMK. Semoga bermanfaat.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginstruksikan kepada bupati dan wali kota di provinsi ini agar memberikan gaji minimal setara upah minimum kabupaten (UMK) kepada guru tidak tetap (GTT) atau honorer.

Instruksi ini diberikan karena Ganjar merasa prihatin masih banyak guru yang tingkat kesejahteraanya masih rendah. Bahkan ada guru tidak tetap yang gajinya hanya ratusan ribu rupiah.

Ganjar juga menegaskan jangan lagi ada guru tidak tetap menerima gaji hanya Rp200 ribu atau Rp300 ribu

“Guru tidak tetap itu belum UMK. Karena dia belum UMK, saya minta mbok di UMK-kan. UMK dulu saja,” katanya, Selasa (26/11/2019).

Karena jika tidak bisa menaikkan Gaji Guru setara dengan UMK, Ganjar mengatakan pemerintah telah bertindak zalim. Alasan tidak punya anggaran menurut Ganjar saat ini sudah tidak relevan.

Saat ini kewenangan kabupaten maupun kota adalah SMP dan SD, sementara untuk SMA dan SMK, yang semua guru tidak tetapnya sudah bergaji UMK berada di bawah kewenangan pemerintah provinsi (pemprov).

“Kita tetapkan UMK untuk swasta (perusahaan swasta), masak yang bekerja di tempat kita sendiri kok tidak. Bagaimana caranya?. Karena banyak yang merasa tidak punya uang,” katanya.

Ganjar pun menginstruksikan kepada bupati dan wali kota agar membuat roadmap secara bertahap. Kalau pun tidak bisa menyetarakan dengan UMK, minimal pada guru mendapat kenaikan gaji.

Untuk Pemprov Jateng, saat ini telah menganggarkan sebesar Rp 6,08 triliun untuk pendidikan dan bakal mengalami peningkatan Rp6,77 triliun di tahun 2020. “Kalau tidak bisa, buat roadmap secara bertahap. Tapi jangan tidak naik,” pungkasnya.


Instruksi Gubernur Jawa Tengah kepada Bupati/Wali Kota Untuk memberikan Gaji Guru Honorer Setara UMK


Terimakasih telah membaca sampai selesai Kabar Guru tentang Gubernur Jawa Tengah yang Menginstruksikan kepada Bupati/Wali Kota untuk Menggaji Guru Honorer sesuai dengan UMK.


Sumber: murianews.com
Link sumber: https://www.murianews.com/2019/11/26/177497/ganjar-instruksikan-bupati-wali-kota-beri-gaji-guru-honorer-setara-umk.html

Judul: Gubernur Jawa Tengah Instruksikan Bupati/Wali Kota Beri Gaji Guru Honorer Setara UMK
Link: https://www.profesiguru.org/2019/11/gaji-guru-honorer-setara-umk.html