Inilah 7 Manfaat Pendidikan Karakter Yang Diterapkan Sejak Dini
Cari Berita

Advertisement

Inilah 7 Manfaat Pendidikan Karakter Yang Diterapkan Sejak Dini

Guru SD
Jumat, 24 Maret 2017

Manfaat Pendidikan Karakter
Pendidikan Karakter sejak dini

Manfaat Pendidikan Karakter Anak Yang Diterapkan Sejak Dini


Pendidikan karakter merupakan salah satu program andalan yang selama beberapa tahun terakhir ini digalakkan oleh pemerintah. Adapun tujuan diterapkannya pendidikan karakter dalam kurikulum sekolah ialah untuk memberikan bekal tanggung jawab dan akhlak yang baik bagi calon pemimpin bangsa di masa depan.

Di sisi lain, pendidikan karakter anak sekolah juga merupakan wujud kepedulian pemerintah kepada generasi muda di era globalisasi seperti sekarang ini. Terlebih dengan banyaknya kasus kriminal yang melibatkan anak-anak usia remaja. Jadi tak mengherankan bila pemerintah beserta pihak terkait berupaya keras untuk merealisasikan rencana ini agar dapat berjalan dengan lancar pada nantinya.

Lalu apa saja manfaat yang ditawarkan oleh pendidikan karakter ini?


1. Membentuk karakter individu


Tidak terlepas dari tujuan utama pendidikan karakter, hal yang lebih ditekankan disini ialah membentuk individu-individu yang kuat dengan bekal berupa ilmu pengetahuan, sikap inovatif, kreatif, dan mampu menghadap segala tantangan di masa depan. Tentu dengan bidang dan keahlian masing-masing. Sehingga pembangunan di sektor pembangunan dapat berjalan lancar.


2. Membuat individu lebih menghargai sesama


Seseorang yang dalam dirinya sudah tertanam karakter kuat umumnya merupakan tipikal orang yang tidak mudah goyah. Ia hidup dengan prinsip dan arah yang jelas. Termasuk dalam hal toleransi. Meski hidup di tengah lingkungan yang penuh perbedaan, ini tidak akan menimbulkan masalah yang serius.

Kalaupun seseorang kurang menghargai sesamanya, dengan adanya pendidikan karakter anak sekolah yang intensif, tentu kemungkinan seseorang untuk menjadi pribadi yang toleran akan terbuka lebar.


3. Menciptakan generasi bangsa yang berintegritas dan lebih baik


Orang yang berprinsip merupakan orang yang teguh. Artinya, mereka akan memutuskan segala sesuatu dengan pertimbangan yang matang. tentu tanpa merugikan pihak lain.

Hal ini juga sangat penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena dengan begini akan terbentuk individu tangguh yang punya integritas tinggi dan siap membela negaranya.

Rasa cinta terhadap tanah air pun tak dapat diragukan lagi.


4. Melatih mental dan moral peserta didik


Keberanian generasi muda juga menentukan kelangsungan hidup sebuah bangsa. Mengapa? Generasi muda yang berani tidak akan gampang menyerah atau mundur saat bangsanya dilanda krisis atau konflik pelik yang acapkali membuat semuanya tidak karuan.

Namun dengan landasan rasa yakin, semua itu bisa diatasi.

Pendidikan karakter anak sekolah juga mencegah lunturnya nilai-nilai luhur budaya yang dikhawatirkan akan luntur akibat efek dari globalisasi. Pendidikan Karakter Anak Sekolah, Terobosan Baru Tanamkan Nilai-Nilai Moral Bagi Generasi Muda


5. Menemukan jati diri untuk para remaja


Usia remaja merupakan tahap transisi dimana rasa ingin tahu dan berusaha mencari identitas menjadi hal yang tidak bisa diindahkan. Seringkali mereka lebih suka bereksperimen dengan mengenal hal-hal baru yang sebenarnya rawan dan berpotensi mencelakakan mereka.

Pendidikan karakter hadir sebagai upaya preventif untuk menghindari hal yang fatal ini.


6. Menyalurkan hal penting yang sesuai dengan karakter yang dimilikinya


Pendidikan karakter anak sekolah menyumbangkan banyak manfaat. Selain dapat meningkatkan kemampuan mental dan moral individu, program ini bisa disebut sebagai perantara untuk generasi muda mengoptimalkan bakat yang dimiliki mereka.

Misalnya mereka yang hobi dengan sepak bola, yang di dalamnya juga diajarkan sikap sportif terhadap lawan mainnya.


7. Menjadi lebih bijak dalam mengambil keputusan


Seiring dengan pengetahuan dan wawasan yang kompleks mengenai moral, ini juga akan berimbas terhadap pola pikir individu. Khususnya saat mereka akan memecahkan masalah atau mencari solusi dari persoalan yang sedang menimpa mereka.

Pendidikan karakter anak sekolah ini mengajarkan anak-anak untuk tidak berlaku curang dan seenaknya sendiri.


Artikel 7 Manfaat Pendidikan Karakter Yang Diterapkan Sejak Dini


Demikianlah Artikel yang kami sampaikan tentang Manfaat Pendidikan Karakter, semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin. link https://www.profesiguru.org/2017/03/7-manfaat-pendidikan-karakter-sejak-dini.html